Sabar Dan Jenis-Jenisnya

Shabar ...




Apa sich sebenarnya sabar itu? kelebihannya? caranya?

Yang perlu diketahui tentang sabar yaitu akhlak dalam Islam. MANFAAT sabar yang dijelaskan dalam perseptif Al-Qur’an, seperti dibawah ini

1. Sabar sebagai penolong
Jadikanlah sabar dan shalat itu sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (QS. 2:45)

2. Sabar adalah cara untuk bahagia
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. 2:155)

3. Meminta dari Allah
Tatkala Jalut dan tentaranya telah tampak oleh mereka, merekapun berdo’a:”Ya Tuhan kami, berikanlah  kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang
kafir”. (QS. 2:250)

4. Sabar untuk elak tipu muslihat
Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka
kerjakan. (QS. 3:120)

5. Supaya Allah semakin sayang
Dan berapa banyak nabi yang berperang bersama-sama dengan mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar. (QS. 3:146)

6.  Urusan atau tindakan yang paling utama
Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. (QS. 3:186)

7. Saluran untuk mendapat keampunan dan pahala yang besar
Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal shaleh; mereka itu memperoleh ampunan dan pahala yang besar. (QS. 11:11)
Masih banyak lagi ayat-ayat yang menyebut berkenaan dengan sabar. Imam Al_ghazali berkata kalimat sabar ada 70 tempat dalam Al-Qur an dan Ibnu Qayyim kata ada 90 tempat.
source : http://www.mfaisal.com/2008/10/29/definisi-sabar/

Definisi Sabar

Secara bahasa sabar berarti al-habsu ( menahan ) dan al-man'u ( mencegah ), yaitu lawan kata dari al-jaz'u ( keluh kesah ).

Dikatakan: shabara shabran , maksudnya : tegar dan tidak berkeluh kesah.Shabara berarti: menunggu, shabara nafsahu berarti: menahan diri dan mengekangnya,shabara fulan: menahannya, shabartu shabran : aku menahan diriku dari berkeluh kesah.

Shaum ( puasa ) disebut juga dengan sabar karena didalamnya mengandung makna menahan diri dari makanan,minuman, dan jima'.

Dari situ jelaslah bahwa makna sabar adalah mencegah dan menahan diri dari berkeluh kesah, menahan lisan dari mengeluh, dan anggota badan dari mengamuk, seperti menampar pipi, merobek saku baju, dan semisalnya.

Hakikat sabar adalah akhlak utama yang merupakan bagian dari akhlak jiwa yang mampu menahan pemiliknya dari perbuatan yang tidak baik dan tidak senonoh. Sabar merupakan kekuatan jiwa yang dengannya jiwa menjadi baik dan tingkah laku menjadi lurus.

Dan kekuatan ini menjadikan manusia mampu menahan jiwanya untuk memikul berbagai bentuk kelelahan, kesulitan dan penderitaan

source : https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150106166243464

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sabar Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar